Workshop Metabolomik Berbasis NMR oleh KK Kimia Organik ITB

Bagikan:

BANDUNG, FMIPA.itb.ac.id. -Pada tanggal 6 dan 7 Agustus 2019, Kelompok Keilmuan (KK) Kimia Organik FMIPA ITB menyelenggarakan Workshop Metabolomik Berbasis NMR yang diselenggarakan di Gedung Program Studi Kimia ITB. Workshop ini merupakan bagian dari kegiatan pengabdian masyarakat KK Kimia Organik yang didukung oleh Program Penelitian, Pengabdian kepada Masyarakat dan Inovasi ITB (P3MI-ITB). Kegiatan ini dibuka oleh Ketua KK Kimia Organik FMIPA ITB, Prof. Dr. Euis Holisotan Hakim, M.Si.. Dalam sambutannya Prof. Euis mengambarkan peluang pengaplikasian metode metabolomik di berbagai bidang penelitan dan juga menekankan pentingnya para akademisi untuk selalu belajar ilmu-ilmu baru.

Workshop ini diisi oleh Dr.rer.nat. Nizar Happyana, dosen Program Studi Kimia FMIPA ITB. Pada hari pertama, peserta diberikan materi mengenai konsep metabolomik, perancangan eksperimen  metabolomik, dan analisis data metabolomik menggunakan pendekatan analisis data multivariat. Sedangkan hari kedua, peserta belajar mengoperasikan dua jenis software yang biasa digunakan dalam metabolomik berbasis NMR, yaitu ACD/Labs (academic version) dan SIMCA16 (trial version). Software ACD/Labs digunakan untuk mengekstrak data mentah dari spektra 1H NMR, sedangkan software SIMCA digunakan untuk menganalisis data yang terekstrak dengan pendekatan analisis data multivariat.

Pada awalnya, acara ini ditujukan hanya untuk 10 peserta saja. Hal ini bertujuan supaya workshop dapat berlangsung lebih intensif dan nyaman. Namun, antusiasme yang tinggi dari para pendaftar mengakibatkan kuota peserta disesuaikan sehingga ditambah menjadi 12 orang. Peserta terdiri dari para dosen dari berbagai universitas di Bandung, seperti Universitas Padjadjaran, Universitas Pendidikan Indonesia, Universitas Jendral Ahmad Yani, dan tentu saja tuan rumah Institut Teknologi Bandung. Selain itu, terdapat juga peserta yang berasal dari universitas di area Jakarta dan Banten, yaitu dari Universitas Negeri Jakarta, Universitas Islam Negeri Jakarta, dan Universitas Mathal’ul Anwar Banten. Adapun peserta terjauh berasal dari Universitas Lampung. Dengan diselenggarakannya workshop ini, semoga bidang ilmu metabolomik akan semakin tumbuh berkembang di Indonesia. (Oleh: Nizar Happyana, Editor: MI)

Foto bersama peserta workshop dengan pemateri workshop, Dr.rer.nat. Nizar Happyana di Ruang Sidang Program Studi Kimia ITB. (Foto: Panitia)

Berita Terkait

EnglishIndonesia
WP Twitter Auto Publish Powered By : XYZScripts.com