FMIPA ITB Gelar MYSAGA Kedua

Bagikan:

BANDUNG, fmipa.itb.ac.id – Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) ITB, menyelenggarakan Mid Year School on Analysis, Goemetry, and Applications (MYSAGA) 2019. Acara tersebut bertempat di Study Hall, Gedung Center for Advanced Sciences (CAS) Lantai V dan akan berlansung selama seminggu yaitu 2-8 Agustus 2019.

MYSAGA merupakan suatu kegiatan yang dikelola oleh Kelompok Keahlian Analisis dan Geometri, FMIPA ITB. MYSAGA pertama kali diselenggarakan pada 2018 dan dihadiri oleh 30 peserta dari Jerman, India, Italia, Jepang, dan Indonesia. Kegiatan tersebut ditujukan untuk mahasiswa Magister dan Doktor Matematika dari berbagai universitas baik dalam maupun luar negeri.  Bila fokus tahun lalu adalah Ruang Morrey dan Topik Terkait, maka fokus MYSAGA tahun ini adalah Ruang Bernorma-n dan Topik Terkait

Pada pembukaan, Prof. Hendra Gunawan dari ITB menyampaikan bahwa MYSAGA pada tahun ini merupakan yang kedua kalinya, sebelumnya telah diadakan pada tempat yang sama dengan pemateri dari Jepang dan Italia. “Kegiatan utama dari MYSAGA adalah kuliah yang diberikan oleh tiga orang ahli matematika, biasanya terdiri dari satu pembicara dari ITB dan dua pembicara dari luar negeri,” kata Prof. Hendra Gunawan.

Pada kesempatan kali ini, pembicara dari ITB yaitu Prof. Hendra Gunawan berkesempatan memberikan judul kuliah “On the topology and geometry of n-normed space”. Dua pembicara lainya yaitu Prof. Mikio Kato (Kyushu Institute of Tecnology, Jepang) dengan judul kuliah “An invitation to Banach space geometry: Basic facts and some recent result” dan Dr. Elder Kikianty (University of Pretoria, Afrika Selatan) dengan judul kuliah “Semi-inner products”.

Prof. Hendra Gunawan [Foto: HG]

Prof. Mikio Kato [Foto: HG]

Dr. Elder Kikianty [Foto: HG]

Lebih lanjut, Prof. Hendra Gunawan menjelaskan “MYSAGA kedua ini, lebih bertujuan untuk mengekpos perkembangan dalam topik analisis fungsional dan aplikasinya”. Selain kuliah yang diberikan oleh ketiga pembicara, terdapat pula empat presentasi yang diberikan oleh Hermawan Batkunde (ITB), Suma’inna (UIN Jakarta), Agah D. Ganardi (IPB), dan Muh. Nur (ITB/Universitas Hasanudin). Acara pada tahun ini turut dihadiri juga oleh kurang lebih 18 peserta dari berbagai universitas di Indonesia, diharapkan MYSAGA kedepanya tetap akan diadakan dengan organisir yang lebih baik lagi.

Reporter: Ahyar (TPB FTTM, 2018)

Berita Terkait

EnglishIndonesia
WP Twitter Auto Publish Powered By : XYZScripts.com