Analisis Fourier dan Wavelet

Kata Pengantar

Buku ini merupakan pengembangan dari catatan kuliah Analisis Fourier dan Wavelet yang pernah penulis ajarkan kepada mahasiswa S2 Matematika ITB pada tahun 1997/1998. Sebagian materi, terutama bagian awal, pernah pula diberikan dalam kuliah Pengantar Analisis Fourier untuk mahasiswa S1 Matematika ITB pada tahun 1999 dan 2000. Beberapa bagian lainnya merupakan tambahan, yang penulis anggap berguna bagi pembaca yang belum pernah mengambil kedua matakuliah yang disebutkan di atas. Untuk mengukur pemahaman pembaca terhadap materi yang dibahas, tiap bab diakhiri dengan sejumlah soal latihan.

Penyusunan catatan kuliah dimulai di Bandung dan dilanjutkan serta diperbaiki di Sydney ketika penulis berkunjung ke School of Mathematics, Univerisity of New South Wales di Sydney pada tahun 2000/2001 sebagai Merdeka Fellow 2000. Catatan kuliah edisi pertama diluncurkan pada tahun 2001, dan setelah mengalami perbaikan, catatan kuliah edisi kedua diterbitkan pada tahun 2006. Pada awal tahun 2014, ketika penulis memberi kuliah Analisis Fourier lagi, revisi besar-besaran dilakukan dan sebagai hasilnya catatan kuliah edisi ketiga diterbitkan pada bulan Mei 2014. Naskah buku ini merupakan hasil penyempurnaan berkelanjutan dari catatan kuliah edisi ketiga, yang penulis lakukan dari tahun 2015 hingga tahun 2017. Penulis berterima kasih kepada Eka Rahmi Kahar yang membuat Gambar 2.2a, 2.2b, 3.1, 5.4, 9.3a, 9.3b, dan 9.3c.

Menyadari bahwa buku ini masih jauh dari sempurna, penulis dengan senang hati akan menerima segala masukan atau usulan perbaikan dari para pembaca sekalian.

Masukan atau usulan perbaikan, bila ada, dapat disampaikan langsung atau via e-mail ke hgunawan@math.itb.ac.id.

H.G.

 

EnglishIndonesia