Pelatihan Dasar Guru Kimia SMA/MA/SMK: Struktur Atom, Struktur Molekul, dan Kimia Komputasi

Bagikan:

Bandung, FMIPA.itb.ac.id. -Kelompok Keilmuan Kimia Fisik dan Anorganik, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam ITB mengadakan pelatihan yang ditujukan untuk guru-guru kimia di tingkat SMA dan sederajat. Acara pelatihan tersebut diselenggarakan pada tanggal 8 Agustus 2019 bertempat di ruang 2104 Program Studi Kimia ITB. Acara ini merupakan bagian dari kegiatan pengabdian masyarakat yang didukung oleh Program Penelitian, Pengabdian kepada Masyarakat dan Inovasi ITB (P3MI-ITB). Pelatihan kali ini mengambil tema Struktur Atom, Struktur Molekul, dan Kimia Komputasi yang merupakan salah satu dasar dalam pembelajaran kimia. Acara dibuka secara resmi oleh Dekan FMIPA ITB, Prof. Edy Tri Baskoro, M.Sc, Ph.D. Pada sambutannya, dekan menekankan pentingnya sains dan matematika dalam membangun generasi muda. Untuk itu pelatihan-pelatihan semacam ini perlu diadakan untuk menyamakan persepsi materi antara pendidikan di sekolah menengah atas dengan perguruan tinggi, sehingga terbentuk pendidikan yang kontinu.

Pelatihan diisi oleh tiga orang dosen Kelompok Keilmuan Kimia Fisik dan Anorganik, yaitu Muhamad Abdulkadir Martoprawiro, Ph.D, Mia Ledyastuti, M.Si, Ph.D dan Rachmawati, Ph.D. Pada sesi pertama, peserta diberikan materi tinjauan ulang struktur atom dan struktur molekul. Hal ini untuk memberikan koreksi terhadap beberapa pemahaman yang umumnya keliru pada pengajaran kimia di tingkat SMA dan sederajat.  Setelah rehat kopi, peserta diberikan materi pengayaan yaitu orbital molekul sebagai pendahuluan untuk materi kimia komputasi. Pada sesi ketiga, peserta melakukan praktikum komputasi, mencoba untuk memvisualisasikan materi yang diberikan pada dua sesi sebelumnya. Pada kesempatan ini, piranti lunak yang digunakan adalah ArgusLab dengan level teori semiempirik.

Muhamad Abdulkadir Martoprawiro, Ph.D. memberikan materi tinjauan ulang struktur atom dan struktur molekul. (Foto: Panitia)

Peserta pelatihan sebanyak 47 orang berasal dari berbagai daerah di Indonesia, dengan mayoritas berasal dari Jawa barat. Peserta terjauh berasal dari Palembang, Sumatera Selatan dan Ende, Nusa Tenggara Timur. Para peserta bersemangat dalam mengikuti pelatihan ini. Hal ini terlihat dari banyaknya pertanyaan yang diajukan dan menjawab pertanyaan yang diajukan oleh pemateri. Semoga pelatihan dapat  berkelanjutan dan berkesinambungan dengan berbagai ragam materi kimia. (Oleh: Mia Ledyastuti, editor: MI)

Foto bersama panitia, peserta pelatihan, dan Dekan FMIPA ITB di depan Gedung BSC-B ITB. (Foto: Panitia)

 

Berita Terkait

EnglishIndonesia
WP Twitter Auto Publish Powered By : XYZScripts.com