Mekanika Statistik

Kata Pengantar

 

Pengalaman selama sekitar 10 tahun memberikan kuliah Mekanika Statistik untuk Mahasiswa Magister dan Doktor di Institut Teknologi Bandung bahwa mata ini yang merupakan mata kuliah wajib termasuk yang cukup sulit dipahami para mahasiswa. Hal ini tidak dapat dipungkiri karena memang materi yang terkandung di dalamnya lebih banyak yang bersifat abstrak. Diperlukan abstraksi yang tinggi untuk dapat memahami bab-bab yang ada dalam kuliah tersebut.

Kesulitan makin bertambah akibat cara pembahasan di sejumlah buku yang ada terlalu global sehingga ada beberapa bagian yang memerlukan pemikiran ekstra untuk dapat memahaminya. Buku acuan utama kuliah ini di antaranya Statistical Mechanics tulisan K. Huang atau buku klasik Statistical Mechanics tulisan J.E. Mayer dan M.G. Mayer. Namun, materi yang dipaparkan dalam buku tersebut perlu dicermati dan direnungi secara mendalam agar dapat memahaminya. Tidak saja mahasiswa, tetapi dosen juga perlu kerja keras untuk memahami mater-materi tersebut.

Atas pengalaman mengajar sekitar 10 tahun saya mencoba menyusun draft sedikit-demi sedikit dan dicobakan ke mahasiswa tiap semester. Penambahan, koreksi, dan penyesuaian dengan cara tangkap mahasiswa menghasilkan naskah seperti ini. Beberapa bagian yang tidak dijelaskan detail di buku-buku yang ada akan dipaparkan secara detail di buku ini sehingga mudah dipahami mahasiswa. Beberapa ilustrasi yang tidak dijumpai pada buku-buku sebelumnya dimasukkan dalam buku ini untuk memeprmudah pemahaman. Versi awal draft ini telah muncul dalam bentuk diktat kuliah yang diterbitkan Penerbit ITB dan menjadi salah satu pegangan utama mahasiswa magister dan doktor fisika ITB.

Dalam buku ini, beberapa topik yang rumit yang dibahas di buku-buku Mekanika Statistik yang sudah ada tidak dimasukkan. Harapannya adalah mahasiswa memahami dasar-dasar Mekanika Statistik dan tidak terganggu oleh sejumlah topik yang memerlukan pemahaman matematika yang cukup tinggi. Mahasiswa yang tertarik mempelajari lebih mendalam sangat dianjurkan mempelajari buku-buku teks yang sudah ada, seperti yang disebutkan di atas.

Di bagian awal tiap bab dijelaskan sejumlah persyaratan yang diperlukan untuk memahami tiap bab tersebut secara lebih mudah. Mempelajari tiap ban dari buku ini menuntuk pemahaman materi kuliah tingkat sebelumnya seperti Fisika Matematika, Fisika Statistik, Termodinamika, dan sedikit Fisika Kuantum. Mahasiswa sangat diharapkan untuk mereview kembali materi-materi tersebut.

Penyelesaian buku ini tidak lepas dari bantuan dari Kementerian Riset dan Pendidikan Tinggi berupa Hibah Penulisan Buku Teks 2015. Oleh karena itu ucapan terima kasih penulis sampaikan pada Kemenristekdikti. Penulis juga sampaikan ucapan terima kasih kepada Agus Purwanto, D.Sc. daru Jurusan Fisika Institut Teknologi Sepuluh November, Surabaya atas kesediaan menjadi pendamping. Sejumlah saran dan komentar sangat berguna bagi perbaikan isi buku ini. Kepada Pimpinan FMIPA ITB yang telah menfasilitasi penerbitan buku ini penulisa sampaikan terima kasih sebesar-besarnya.

Semoga buku ini menjadi salah satu acuan yang berguna bagi mahasiswa magister maupun doktor fisika di Indonesia. Tentu kekurangan masih banyak dijumpai. Perbaikan terus menerus akan tetap diperlukan. Oleh karena itu masukan dan sarat dari para mahasiswa, rekan dosen, atau pembaca lainnya sangat diharapkan.

 

 

Bandung, Juni 2016

Penulis

EnglishIndonesia