“Chemonsense”, Peringatan 70 tahun Pendidikan Tinggi Kimia di Indonesia oleh Program Studi Kimia ITB

Bandung, fmipa.itb.ac.id   -Ilmu kimia merupakan ilmu yang penerapannya sangat dekat dengan kehidupan sehari-hari manusia. Hal ini dapat dilihat dari banyaknya bidang industri yang perkembangannya dimotori oleh Ilmu kimia. Beberapa bidang tersebut diantaranya adalah bidang obat-obatan,  pangan, pakaian,  kosmetik,  elektronik, bahan bakar, material maju, pertanian, pertambangan, dan berbagai industri lainnya. Perkembangan ilmu kimia di tanah air tidak terlepas dari perkembangan pendidikan formal ilmu kimia. Pendidikan tinggi kimia pertama kali  diselenggarakan  di  Indonesia  pada tahun  1947 yang ditandai dengan berdirinya Departemen Kimia ITB. Seiring berjalannya waktu, pendidikan tnggi kimia semakin maju dan berkembang ke seluruh penjuru tanah air. Saat ini, pendidikan tinggi kimia telah dilaksanakan oleh berbagai perguruan tinggi negeri maupun swasta.

Dalam rangka memperingati 70 tahun Pendidikan Kimia di Indonesia, Program  Studi  Kimia FMIPA-ITB akan menyelenggarakan serangkaian kegiatan dengan mengangkat tema “Chemistry: envisioning life, the sense of the future“ dengan menggunakan taglinechemonsense”.  Rangkaian kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan wawasan,  kepedulian dan ketertarikan masyarakat terhadap ilmu kimia untuk kemajuan bangsa Indonesia. Dengan diselenggarakannya rangkaian kegiatan ini, diharapkan akan terwujud sinergi antara dosen, tenaga kependidikan, mahasiswa, alumni, serta stakeholder lainnya. Sinergi yang melandasi perkembangan pendidikan dan ilmu kimia di Indonesia, penerapan ilmu kimia dalam kehidupan sehari-hari, serta  mempertajam intuisi dasar manusia untuk menyiapkan masa depan yang lebih baik.

Seluruh rangkaian kegiatan perayaan 70 tahun Pendidikan Kimia dilaksanakan di area kampus ITB dan sekitarnya pada bulan Februari sampai November 2017. Rangkaian kegiatan tersebut mencakup kegiatan Lecture Series, workshop, open house, lomba karya tulis ilmiah, serta family gatheringLecture series diselenggarakan oleh masing-masing Kelompok Keilmuan di lingkungan Kimia ITB. Acara lecture mengambil format seminar yang diisi oleh pembicara dari lembaga penelitian, universitas luar negeri, serta alumni. Kegiatan workshop  mengambil tema pembelajaran kimia di Indonesia dengan sasaran khususnya adalah para profesional di bidang pendidikan ilmu kimia. Adapun kegiatan open house merupakan salah satu kegiatan yang bertujuan untuk mengenalkan pendidikan kimia di ITB kepada masyarakat luas. Lomba karya tulis ilmiah diperuntukkan kepada para guru-guru SMU/MA se-Indonesia. Sebagai puncak rangkaian acara, acara Family Gathering akan diselenggarakan di bulan Oktober. Acara ini merupakan ajang silaturahmi Prodi Kimia ITB bersama seluruh stakeholdernya sehingga terbangun komunitas yang lebih solid dan kondusif untuk kemajuan ilmu kimia secara umum dan pendidikan kimia pada khususnya. [MI]

Berita Terkait

EnglishIndonesia