Peningkatan Kemampuan Analisis Melalui Workshop Instrumentasi Kimia Analitik 2020

Bagikan:

Bandung, FMIPA.itb.ac.id. – Rabu, 04 Maret 2020. Dalam rangkaian kegiatan ICFMS (International Conference on Fronntiers in Molecular Sciences) 2020, Kelompok Keilmuan Kimia Analitik ITB beserta Program Studi Kimia ITB mengadakan workshop instrumentasi analisis yang terbuka untuk umum. Kegiatan ini diikuti oleh 25 orang peserta yang berasal dari berbagai instansi, universitas, maupun lembaga lainnya. Workshop ini diselenggarakan dari pukul 09.00 – 16.00 WIB di Lantai 3 Gedung Kimia ITB, Kampus Ganesha Bandung.

Pada pelatihan instrumentasi ini, materi pertama disampaikan oleh ibu Liza Hidayani yang merupakan application engineer yang berasal dari PT. Vision Scientific. Materi pertama ini berisi pelatihan bagi peserta mengenai penggunaan instrumentasi dan juga software dari peralatan GC-MS (Gas Chromatography-Mass Spectometry). Selain dilakukan pemaparan cara penggunaan, pemateri juga melakukan demo alat. Kemudian peserta diberikan kesempatan mempergunakan alat menggunakan sampel yang telah disediakan. Seluruh peserta begitu antusias dalam workshop kali ini. Hal itu terlihat dengan banyaknya peserta yang mengajukan pertanyaan dan melakukan diskusi dengan pemateri.

Pemaparan materi mengenai instrumentasi GC-MS oleh tim dari PT. Vision Scientific. (Foto : FMIPA ITB)

Materi selanjutnya disampaikan oleh tim yang berasal dari PT. Unitama Analitika Perkasa. Pada kesempatan kali ini, tim pemateri menyampaikan beberapa paparan mengenai sejumlah instrumentasi kimia seperti microwave extraction, mercury analyser, dan cary 630 FTIR. Selain penyampaian materi mengenai fungsi dan cara penggunaan alat, pemateri juga melakukan demo alat yang dapat dilihat langsung oleh semua peserta. Peserta juga memiliki kesempatan untuk menggunakan alat-alat tersebut secara langsung. Semua peserta terlihat sangat aktif dalam diskusi yang dilakukan dan sangat penasaran mengenai alat yang dijelaskan. Hal ini disebabkan karena alat yang dipaparkan merupakan tipe alat yang baru dan memiliki kinerja analisis yang cukup baik.

Pemaparan materi oleh PT Unitama Analitika Perkasa di Ruang 1318 Kimia ITB. (Foto : FMIPA ITB)

Dalam dunia kimia, baik itu akademik, riset, maupun industri, pengetahuan dasar instrumentasi analisis sangat penting terutama untuk proses pengukuran dan pengendalian/kontrol. Hal inilah yang menjadi alasan mengapa perlu dilakukan berbagai macam pelatihan instrumentasi, khususnya instrumentasi kimia yang penggunaannya sangatlah luas. Program Studi Kimia ITB sebagai institusi pendidikan menjalankan perannya sebagai pioneer dalam pengembangan ilmu pengetahuan. Salah satu upayanya adalah dengan mengadakan workshop instrumentasi analisis seperti ini. Dengan diadakannya workshop ini, diharapkan mampu meningkatkan potensi penelitian dan pengembangan ilmu kimia di Indonesia oleh instansi/lembaga/individu yang menggeluti bidang Kimia. Dalam jangka panjang,  penelitian-penelitian yang didukung dengan penggunaan instrumentasi analisis yang maju mampu meningkatkan kualitas kehidupan masyarakat  Indonesia dan dunia. (oleh : Delfianti Pratiwi, editor: MI)

Berita Terkait

EnglishIndonesia
WP Twitter Auto Publish Powered By : XYZScripts.com