Mengenal Hans Marvin Tanuardi Mahasiswa Berprestasi Tingkat FMIPA Tahun 2020

Bagikan:

Hans memberikan pidato di Dewan Keamanan PBB (UNSC) di PNMUN 2019

Bandung, FMIPA.itb.ac.id,   -Mahasiswa berprestasi terpilih tentunya memiliki kecerdasan komprehensif yang menyeimbangkan antara hard skills dan soft skills. Kemampuan ini diperoleh mahasiswa melalui kegiatan intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler. Mahasiswa yang memiliki prestasi unggul dan membanggakan pada ketiga kegiatan tersebut secara selaras dan seimbang telah terseleksi dalam kegiatan pemilihan mahasiswa berprestasi. Hans Marvin Tanuardi, mahasiswa Program Studi Sarjana Fisika Angkatan 2017 terpilih menjadi mahasiswa berprestasi tingkat FMIPA tahun 2020. Dengan terpilihnya Hans (sapaan sehar-hari), maka Hans berhak mengikuti ajang pemilihan mahasiswa berprestasi tingkat ITB.

Pilihan Hans mengambil Program Studi Fisika berawal dari ketertarikan terhadap hal-hal terhadap misteri-misteri di dunia. Keinginannya adalah mempelajari dan memahami fenomena-fenomena alam yang tidak selalu kasat mata.

Selain menekuni bidang fisika teoretik, Hans mengikuti kejuaraan MUN (Model United Nations atau Simulasi PBB). Hans memiliki motivasi luar biasa dalam bidang lain misalnya terkait politik dan hubungan internasional sehingga dia dapat mempelajari berbagai sudut pandang yang relevan terhadap isu-isu sosio-ekonomik dan sosio-politik yang berlangsung di dunia.

Foto saat mendapatkan Juara  3 dari Ganesha ITB  MUN Club (itbmun.org) Individu  Tahun 2019 Nasional Foto  bersama tim,  juara lain dan juri  saat memperoleh Juara I Kelompok PNMUN 2019 Ketika menjadi konduktor untuk penampilan ISO di Sidang PMB 2019

Hans memiliki hobi bermain alat musik (alat musik flute, recorder, piano, gitar akustik dan elektrik, gitar bass, serta drum) dan mengaransemen musik. Ia terlibat dalam ITB Student Orchestra (ISO) sebagai salah satu music director, konduktor, serta pemain dalam orkestra tersebut.  Hal yang sangat berkesan baginya adalah menampilkan buah hasil jerih lelah latihan selama berbulan-bulan bagi para penonton dan peminat orchestra dalam konser tahunan ISO 2019 serta menjadi seorang konduktor untuk penampilan ISO pada Sidang Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) ITB 2019.

Dalam bidang olah raga Hans juga pernah terlibat dalam badan pengurus unit selam NAUTIKA ITB dan pernah menjadi Kepala Divisi SCUBA Diving. Hans beserta beberapa temannya mendapatkan kesempatan mengikuti program sertifikasi SCUBA diving bintang satu (one-star) yang difasilitasi oleh POSSI (Persatuan Olahraga Selam Seluruh Indonesia).

Saat menerima sertifikat SCUBA diving one-star Berfoto mengibarkan bendera NAUTIKA ITB Saat penyelaman latihan perairan terbuka (LPT) dalam rangkaian sertifikasi SCUBA

Terkadang untuk mengisi kesibukan liburan, Hans melakukan projek-projek produksi film pendek bersama temannya. Produksi film pendek ini dimulai dari perencanaan produksi, penulisan naskah, sinematografi, hingga finalisasi produksi. Hobi yang bermanfaat dan menyenangkan.

Setelah lulus nanti Hans berkeinginan bekerja di suatu institusi fisika internasional sambil menekuni lebih dalam hobi produksi film dengan pengetahuan produksi film yang telah dipelajarinya selama ini.

Ada hal menarik dari profil Hans. Hampir setiap orang mempunyai punya cita-cita yang ingin diraih. Langkah pertama yang bisa ditempuh adalah belajar. Meraih prestasi dan nilai tinggi merupakan salah satu modal menjadi orang sukses. Nilai bukanlah satu-satunya aspek penting dalam hidup namun dengan belajar maka wawasan akan terbuka luas. Selamat mengikuti kompetisi Mahasiswa Berprestasi ITB Hans!  Ingatlah bahwa kompetisi bukan sekedar kalah atau menang. Saling memberi dan menerima adalah hakikat yang terdalam dari sebuah kompetisi.

Penulis : Ani Hamidah
Editor : M. Rizkie Arbie

Berita Terkait

EnglishIndonesia
WP Twitter Auto Publish Powered By : XYZScripts.com