Irwan Septiadi, Putra Daerah Kabupaten Mempawah Kalbar, Lulus dengan IPK 4.00

Bagikan:

Bandung, FMIPA.itb.ac.id.   -Pada bulan April 2020, Irwan  berhasil lulus dari  Program Studi Magister Pengajaran Matematika, FMIPA  ITB dengan IPK 4,00, sebuah prestasi yang luar biasa. Ketertarikannya pada Matematika berawal dari aktivitas studinya di Program Sarjana Pendidikan Matematika yang ditekuninya di sebuah PTN di Provinsi Kalimantan Barat. Ketertarikannya berlanjut, Irwan memilih Program Studi Magister Pengajaran Matematika FMIPA ITB  untuk menggali lebih tentang Matematika.

Menurutnya, belajar di Program Studi Magister Pengajaran Matematika sangat menyenangkan, selain diarahkan mempelajari konten matematika secara mendalam dan terstruktur, mahasiswa juga diajak mengimplementasikan pembelajaran  diperoleh dengan cara yang menarik.

Bukan hal mudah buatnya mendapatkan IPK terbaik, Irwan memaparkan kiat suksesnya di ITB, “Sangat jarang saya mencatat ketika kuliah dan hanya mencatat apa yang dijelaskan oleh dosen. Bagi saya  apa yang ditulis di papan tulis tentu ada di buku teks,  akan tetapi apa yang diucapkan oleh dosen jauh lebih penting dan  saya tidak ingin melewatkannya. Kunci sukses lainnya, selalu  belajar terlebih dahulu sebelum kuliah,  hal ini sangat membantu sehingga saya  paham sebelum perkuliahan. Terus berlatih dalam mengasah kemampuan  yang telah dimiliki, tidak pernah puas dan bosan”.

Irwan bersyukur memilih ITB menjadi tempat belajar magister. Atmosfer akademik yang dirasakannya sangat menunjang dalam pembelajaran. Mulai dari dari dosen yang selalu bersedia melayani pertanyaan mahasiswa, juga fasilitas pendukung lainnya yang sangat lengkap  seperti perpustakaan, akses internet, akses ke jurnal-jurnal internasional, dan lainnya.

Ketika sidang magister matematika

 

Dinner pada kegiatan CID 2019 18th Workshop On Graph Theory, Piechowice, Polandia

Bahkan saat pembatasan akses kampus karena Covid-19 yang saat ini  sedang  dihadapi, Irwan tidak  merasakan hambatan yang berarti dalam menajalani perkuliahannya.  Dalam penilaiannya,  dosen, tenaga kependidikan sangat responsif  dalam membantu mahasiswa menghadapi hal ini.

Mengikuti Gathering Awardee LPDP ITB di Ciwangun Indah Camp Bandung

Lokakarya bagi guru SD se-Jabar, dengan pemateri Prof. Dr. Iwan Pranoto

Sebagai penerima Beasiswa LPDP, Irwan terbiasa mengikuti kegiatan yang diadakan Kelurahan LPDP ITB dan Kecamatan LPDP Baraya. Seminar nasional maupun internasional dijalaninya diantara kesibukan kuliah. Menjadi  panitia seminar pendidikan untuk guru sekolah dasar,  dan juga  kegiatan seminar internasional di Polandia.

Dari Irwan kita belajar bahwa “Persiapan terbaik untuk hari esok adalah melakukan yang terbaik untuk hari ini”. Jangan pernah menunda  melakukan yang terbaik. Mendapatkan hasil  yang terbaik tentunya diperlukan persiapan terbaik pula. Lakukan yang terbaik maka hal-hal baik akan datang. Jangan sia-siakan hari yang dilewati.

Mari mulai dengan  persiapan-persiapan terbaik dari sekarang.

Penulis: Ani Hamidah

Editor: MI

Berita Terkait

EnglishIndonesia
WP Twitter Auto Publish Powered By : XYZScripts.com