International Conference on Computation in Science and Engineering (ICCSE) 2019

Bagikan:

Bandung, FMIPA.itb.ac.id   –International Conference on Computation in Science and Engineering (ICCSE) 2019 edisi ke-2 telah diselenggarakan selama 2 hari pada tanggal 14 hingga 15 Oktober 2019 di Aula Barat ITB. Konferensi internasional ini mengambil tema pengembangan metode komputasi pada penyelesaian masalah di bidang sains dan teknik. Konferensi ini diikuti lebih dari 50 peserta yang berasal dari berbagai negara seperti Indonesia, Jepang, Malaysia, Turki, dan lainnya yang mempresentasikan hasil penelitiannya masing-masing. Bidang-bidang yang dipresentasikan pada konferensi kali ini terbagi ke dalam 12 kelompok, yaitu : pemodelan sistem kompleks; komputasi sistem energi; komputasi dinamika fluida; soft computing dan kecerdasan buatan; fisika energi tinggi; simulasi umum; komputasi kuantum; komputasi performa tinggi; komputasi material; komputasi dan pemodelan struktur bawah permukaan; komputasi nuklir dan radiasi; serta komputasi atmosfer dan meteorologi.

Terdapat 8 pembicara kunci pada konferensi ini, yaitu : Prof. Hiroshi Sekimoto (Jepang), Prof. Yazid Bindar (Indonesia), Prof. M. Nasir Ibrahim (Malaysia), Dr.rer.nat. Sparisoma Viridi (Indonesia), Prof. Sumer Sahin (Turki), Dr. Artoto Arkundato (Indonesia), Dr. Ahmad Nazrul (Malaysia), dan Dr. Muhammad Abdulkadir Martoprawiro (Indonesia).

Selain itu, selama dua hari tersebut para pemakalah pun telah mempresentasikan idenya dalam sesi presentasi paralel seperti solusi numerik dari persamaan transport Boltzmann untuk neutron dan sinar gamma. Dalam produksi energi nuklir hamburan elastik dan tidak elastik dari neutron perlu diketahui secara detail untuk membantu mendapatkan gambaran produksi energi nulir. Dinamika populasi neutron dalam ruang dan waktu dapat ditelusuri dengan memanfaatkan persamaan transport Boltzmann. Semoga kegiatan ICCSE 2019 ini dapat memacu perkembangan penelitian komputasi khususnya di Indonesia. [Galih]

Berita Terkait

EnglishIndonesia