FMIPA ITB Kembali Mencetak 4 Doktor Bidang Fisika dan Matematika

Bagikan:

Bandung, FMIPA.itb.ac.id.   -Kendala jarak bukan menjadi penghalang bagi mahasiswa, khususnya Program Doktor, untuk mempersiapkan kelulusannya. FMIPA ITB kembali mencetak 3 lulusan Program Doktor Bidang Fisika dan 1 Doktor Bidang Matematika.  Berikut profil lulusannya :

Yulianto Agung Rezeki NIM. 30216303

Kamis, 28 Mei 2020 Jam 13.00 WIB. Yulianto   berhasil  menyelesaikan Sidang Tertutup Daring, yang dipimpin oleh  Ketua Sidang  Prof. Dr. Umar Fauzi. Dihadiri  secara daring oleh Prof. Dr. Eng. Khairurrijal (Ketua Tim Pembimbing), Dr. Eng. Muhammad Miftahul Munir (Anggota Tim Pembimbing), dan  Prof. Dr. Heni Rachmawati, Apt. (Anggota Tim Pembimbing), Yulianto berhasil mempertahankan disertasi berjudul “Pabrikasi Partikel Nano Ekstrak  Kulit Manggis Sebagai Antioksidan Menggunakan Teknik Electrospray”, dari  penguji  Dr. Neni Surtiyeni (Penguji dari FMIPA-ITB),  Dr. Siti Nurul Khotimah (Penguji dari FMIPA-ITB), Dr. Ade Yeti Nuryantini (Penguji dari UIN SGD).Tidak pernah terpikirkan sebelumnya  bagi Yuli, bahwa dia akan melaksanakan Sidang Tertutup Daring. Namun, karena sebelumnya sudah pernah dilalui oleh lima kandidat doktor yang lain, akhirnya sidang tertutup daring  terlaksana  dengan bantuan banyak pihak serta melalui rentetan kejadian yang luar biasa menurutnya. Awalnya Yuli sempat merasa  khawatir dengan keterbatasan laptop, namun akhirnya dua jam Sidang Tertutup Daring dapat dilalui dengan baik. Bagi Yuli, ini  adalah sidang terlama sepanjang sejarah hidupnya.

Moment yang sangat melegakan adalah ketika ketua sidang mengumumkan Yuli lulus sidang tertutup dan dapat melanjutkan proses selanjutnya ke sidang promosi. Euforia sidang normal tidak dirasakannya, karena sidang hanya dilakukan di dalam kamar. Namun rasa syukur tetap terlimpahkan karena sidang tertutup berjalan dengan sangat  lancar.

 

Leni Aziyus Fitri NIM. 30216003

Sidang Tertutup Daring Leni berhasil dilaksanakan pada tanggal 3 Juni 2020 dengan Ketua Sidang Prof. Dr. Doddy Sutarno. Dihadapan Ketua Tim Pembimbing  Prof. Dr. rer. nat. Umar Fauzi, Dr. Freddy  Haryanto,  Dr. Eng. Ferry Iskandar, Leni berhasil meyakinkan disertasi berjudul “ Optimalisasi Parameter Jaringan Saraf Berbasis Konvolusi untuk Klasifikasi Batu Kemih Berdasarkan Koefisien Atenuasi dan Spektrum Dispersi Sinar-X”, dari Penguji  Dr. Fourier Dzar Eljabbar Latief (Penguji dari FMIPA-ITB),  Dr. Anggraini Barlian (Penguji dari SITH-ITB) dan  Prof. Dr. Agus Rubiyanto (Penguji dari ITS).

Kesan yang leni rasakan  ketika melaksanakan sidang tertutup daring, “Bersyukur  ITB telah memberikan kesempatan kepada saya untuk berkolaborasi riset dengan peneliti lain baik dalam negeri maupun luar negeri melalui program sandwich di Universitas Kyushu Jepang. Teristimewa selama pandemi covid-19, ITB telah memberikan kebijakan yang tetap memperhatikan kesehatan, keselamatan, dan bekerja di luar jam operasional.  Sidang di tengah pandemi menimbulkan ketegangan dan kekhawatiran dari hal teknis seperti listrik dan koneksi internet. Untuk mengantisipasi tersebut, latihan sidang secara online telah dilakukan beberapa kali sebelum waktu pelaksanaan. Tidak pernah terbayangkan sebelumnya, bahwa kamar kos menjadi tempat pelaksanaan sidang. Namun, beberapa rekan telah membantu dan bersabar menunggu saya di luar kamar (ruang sidang)”, ungkapnya.

Herlin Pujiarti NIM. 30215012

Prof. Dr. rer. nat. Umar Fauzi memimpin Sidang Tertutup Daring Herlin Pujiarti pada tanggal 4 Juni 2020 jam 10.00 WIB.  Dalam sidang tertutup yang dihadiri secara online oleh  Rachmat Hidayat, Ph.D  (Ketua Tim Pembimbing) dan  Dr. Eng. Herman (Anggota Tim Pembimbing),  Herlin sukses  mempertahankan disertasinya yang berjudul “Pengembangan Dye Sensitized Solar Cell (DSSC) dengan elektrolit non konvensional dan nanopartikel emas”  di depan  penguji Dr. Priastuti Wulandari (Penguji dari FMIPA-ITB), Dr. Eng. Ferry Iskandar (Penguji dari FMIPA-ITB), Dr. Fitrilawati (Penguji dari UNPAD).

Sudah sekian lama  Herlin menantikan  momen  Sidang Tertutup, selama kurang lebih 5 tahun. Walaupun  dalam keadaan pandemi, dan posisi  Herlin yang berada di Malang, akhirnya sidang tertutup  dapat dilaksanakan dan Herlin  menyambutnya dengan suka cita. Meskipun baginya pelaksanaan sidang   yang mengakibatkan dia tidak bisa bertemu fisik dengan para penguji dan promotor, hal ini tidak mengurangi kesakralan dari sidang  tertutup. Alhamdulillah  sidang berjalan dengan lancar dan baik dari awal hingga  akhirnya ketua sidang menyatakan lulus dan Herlin dapat maju ke tahap selanjutnya.

Ahmad Fauzi NIM. 30215013

Saat Sidang Tertutup Daring, 10 Juni 2020 Ahmad  Fauzi sedang  berada di Kabupaten Batu Bara Sumatera Utara. Kendala jarak tidak menghalangi  Prof. Dr. Doddy Sutarno (Ketua Sidang)  berhasil memimpin Sidang Tertutup Daring, yang dihadiri oleh  Prof. Dr. Eng. Khairurrijal (Ketua Tim Pembimbing),  Dr. Eng. M. Miftahul Munir (Anggota Tim Pembimbing),  Dr. Eng. Ferry Iskandar (Anggota Tim Pembimbing).  Akhirnya disertasi berjudul “ Pabrikasi Struktur Dua Lapis Membran Nanoserat Nilon 6 dan Membran Selulosa untuk Aplikasi Mikrofiltrasi Air” dapat dipertahankan  Ahmad dari   Tim Penguji yaitu  Dr. Pepen Arifin (Penguji dari FMIPA-ITB),  Prof. Dr. Cynthia L Radiman (Penguji dari FMIPA-ITB), dan  Prof. Dr. Heru Sutanto (Penguji dari UNDIP).

Pada awal Sidang Ahmad merasakan  kurang nyaman karena belum terbiasa berkomunikasi resmi secara online. Akan tetapi lama kelamaan Ahmad menikmati dan dapat mengurangi rasa grogi yang  dirasakannya. Beruntung kekhawatiran Ahmad apabila selama Sidang   terjadi  masalah teknis seperti susah sinyal, listrik padam dll,  tidak dialaminya. Sidang berjalan dengan sangat lancar, hingga Ahmad dinyatakan lulus.

Nicky Kurnia Tumalun NIM. 30116001

Pada tanggal 10 Juni 2020 Jam 13.00 WIB, Prof. Dr. Salman  sebagai Ketua Sidang berhasil memimpin Sidang Tertutup Daring Nicky Kurnia Tumalun, yang saat itu sedang berada di  Kabupaten Minahasa.   Dihadiri  secara daring oleh Prof. Hendra Gunawan, Ph.D sebagai (Ketua Tim Pembimbing), Dr. Janny Lindiarni (Anggota Tim Pembimbing) disertasi berjudul “Kelas Stummel dan Ruang Morrey serta Aplikasinya dalam Studi Sifat Kuat Kontinuasi Tunggal Persamaan Diferensial Parsial Eliptik“ berhasil  diyakinkan oleh Nicky di hadapan penguji Dr. Yudi Soeharyadi (Penguji dari FMIPA-ITB), Prof. Dr. Roberd Saragih (Penguji dari FMIPA-ITB),  dan  Dr. Idha Sihwaningrum (Penguji dari UNSOED).

Sidang di tengah  pandemi tidak pernah dibayangkan sebelumnya oleh Nicky. Sesaat sebelum pelaksanaan  sidang tertutup, Nicky merasakan kekhawatiran  apabila jika listrik mati atau jaringan internet down,  beruntung hal tersebut tidak terjadi. Berkat dukungan pembimbing, penguji, Kaprodi, KPPs FMIPA, Nicky  akhirnya dinyatakan lulus dengan nilai yang sangat memuaskan.

Efek dari pandemi Covid-19 yang masih  berlangsung khususnya di ITB,  melalui   pembatasan akses kampus, bukan kendala bagi mahasiswa Program Doktor FMIPA menyelesaikan studinya di manapun mereka berada. Bimbingan, rapat  KPPs, ataupun Sidang Tertutup  melalui  Daring tetap sukses dilaksanakan dengan baik oleh FMIPA ITB. Kerjasama semua pihak  merupakan kunci utama  kesuksesan  pelaksanaan Sidang Tertutup Daring.

Pandemi Covid-19  memberikan pesan bahwa selalu ada jalan keluar meskipun berbagai keterbatasan membuat semua terasa tidak mungkin. Harapan selalu ada  bagi mereka  yang mau  berjuang menggapai cita-cita .

Penulis : Ani Hamidah
Editor : M. Rizkie Arbie

Berita Terkait

EnglishIndonesia
WP Twitter Auto Publish Powered By : XYZScripts.com