Eksebisi FMIPA pada Peringatan 98 Tahun Pendidikan Tinggi Teknik di Indonesia

Bagikan:

Bandung, FMIPA.itb.ac.id.  -Dalam rangka memperingati 98 tahun Pendidikan Tinggi Teknik di Indonesia, Institut Teknologi Bandung mempersembahkan Pameran Karya Penelitian, Inovasi dan Pengabdian kepada Masyarakat yang dikoordinasi oleh LPPM (Lembaga Pendidikan dan Pengabdian pada Masyarakat) ITB dan dilaksanakan pada tanggal 4-5 Juli 2018. Pameran tersebut bertempat di Aula Timur ITB, berlangsung pada pukul 08.30-16.30 WIB. Pameran karya ini menghadirkan 24 gerai yang terdiri dari semua fakultas dan pusat penelitian yang ada di ITB. Setiap gerai memamerkan beberapa hasil karyanya. Karya tersebut sebagian besar hasil penelitian mahasiswa dan dosen dari ITB. Pengunjung yang hadir pada pameran ini adalah umum.

FMIPA memamerkan beberapa alat dari Program Studi Fisika dan Astronomi, sedangkan dari Program Studi Matematika dan Kimia berupa poster hasil penelitian dosen. Dari Progra Studi Fisika memamerkan beberapa alat, diantaranya alat geolistrik dari Lab. Rock Fluid, Kelompok Keilmuan (KK) Fisika Bumi dan Sistem Kompleks, Electrospinning dari Lab ILMI (Integrated Laboratory of Materials and Instrumentation), KK Fisika Material Elektronik, serta alat Smart Parking System, Online STS Prepared Energy Meter, Mesh-Wifi Streetlight Controller dan Sensor Kematangan Buah, dari Lab IoT, KK Fisika Teori Energi Tinggi dan Instrumentasi, FMIPA ITB. Semua alat yang dipamerkan adalah produk rakitan dari lab masing-masing.  Sedangkan dari Program Studi Astronomi memamerkan teleskop William Optics yaitu teleskop portabale yang berukuran lebih kecil dari teleskop pada umumnya.

Beberapa pengunjung yang hadir di gerai FMIPA terlihat antusias saat mendengarkan penjelasan alat. Pertanyaan yang umum ditanyakan adalah kegunaan dan cara kerja alat. Alat geolistrik, Electrospinning dan teleskop adalah alat yang menarik pengunjung untuk datang ke gerai karena ukuranya yang besar dan unik. [humas]

Berita Terkait

EnglishIndonesia