Dies Natalis FMIPA ITB: Tujuh Puluh Dua Tahun : Mewujudkan Tridarma Perguruan

Bagikan:

Dekan FMIPA, Prof. EdyTri Baskoro, M.Sc., sedang memberikan kata sambutan

Bandung, FMIPA.itb.ac.id -Hari Pahlawan, 10 November 2019, diwarnai dengan Perayaan Dies Natalis ke-72 FMIPA ITB di Aula Barat ITB pukul 10.00 hingga 14.00 WIB. Dekan FMIPA ITB, Prof. Dr. Edy Tri Baskoro, M.Sc memberikan sambutan sebelum acara dimulai. Dalam sambutannya, beliau menyampaikan posisi, potensi, dan peran FMIPA dalam mewujudkan Tridarma Perguruan Tinggi selama tujuh puluh dua tahun ini. “FMIPA ITB yang merupakan Lembaga Pendidikan tinggi bidang sains pertama kali di Indonesia telah banyak memberikan kontribusi kepada bangsa dan negara dalam menyiapkan ilmuwan dan pemimpin bangsa”, ucap beliau dalam sambutannya. Beliau pun menambahkan bahwa FMIPA ITB kini menyelenggarakan lima program studi di tingkat sarjana, sepuluh program studi tingkat magister, dan lima program studi di tingkat doktor. Tiga program studi (prodi) baru yaitu prodi Sarjana Aktuaria, prodi S2 Ilmu dan Rekayasa Nuklir, dan prodi S3 Rekayasa Nuklir. Dalam kaitannya dengan Tridarma Perguruan Tinggi, beliau menyampaikan bahwa kegiatan penelitian yang dilakukan sivitas akademika FMIPA semakian tumbuh dan berkualitas. Pun begitu, kontribusi FMIPA dalam pengabdian masyarakat juga memberikan arti signifikan dalam pembangunan masyarakat melalui penyiapan guru-guru MIPA yang berkualitas dan berbagai kegiatan pembinaan olimpiade matematika dan sains.

Rektor ITB periode 2015/2020, Prof. Dr. Ir. Kadarsah Suryadi, DEA, pun menghadiri acara tersebut. Dalam sambutannya, beliau menyampaikan bahwa FMIPA merupakan penyumbang artikel ilmiah terbesar. Beliau memberikan hadiah berupa penampilan dengan harmonika beserta menyanyi bersama Keroncong Asli Merah Putih.  Dies Natalis FMIPA ITB kali ini dimeriahkan juga oleh penampilan Ibu-Ibu Keluarga Besar FMIPA ITB. Bersama-sama, mereka memainkan angklung dan arumba.

Rektor ITB, Prof. Dr. Ir. Kadarsah Suryadi, DEA., sedang memberikan sambutan

Rektor ITB, Prof. Dr. Ir. Kadarsah Suryadi, DEA., sedang memainkan harmonika mengiringi alunan lagu keroncong

Rektor ITB dan Dekan FMIPA sedang menyanyikan sebuah lagu

Undangan yang hadir pada Dies FMIPA ke-72 salah satunya Prof. Hariadi dan Prof. Sjamsul Arifin Achmad

Paduang Angklung oleh Ibu-ibu IWK FMIPA ITB

Permainan arumba oleh ibu-ibu IWK ITB

Setelah penampilan angklung tersebut, Dr. Veinardi Suendo memberikan orasi ilmiah. Minat penelitian beliau berfokus pada pengembangan bahan fungsional berstruktur nano, termasuk bahan elektronik organic (porfirin, antosianin, polianilin, dan lain-lain), nanokarbon, dan bahan mesopore (bcl silika, nanosilika, nanoalumina, zeolite, dan sejenisnya).

Dr. Veinardi Suendo sedang memberikan orasi ilmiah dies FMIPA ke-72

Zulfa Hendri, S.Si., MM., Alumni Matematika Berprestasi

Dr. Riyanto Gazali, MM. Alumni Astronomi Berprestasi

Staf Dosen FMPA Penerima Piagam Penghargaan Dies ke-72 FMIPA

Almuni FMIPA Penerima Piagam Penghargaan Dies ke-72 FMIPA

Tenaga Kependidikan FMPA Penerima Piagam Penghargaan Dies ke-72 FMIPA

Acara dilanjutkan dengan penyerahan Penghargaan FMIPA Award 2019. Penghargaan ini terdiri dari beberapa kategori untuk dosen, alumni, dan tendik. Untuk Kategori Dosen Excellence in Research diraih oleh Dr. Veinardi Suendo (dosen Kimia). Sementara itu, Kategori Dosen Excellence in Education diraih oleh Dr. Inge Magdalena Sutjahja (dosen Fisika). Peraih Kategori Dosen Excellence in Community Services adalah Dr. Aprilia (dosen Astronomi). Tak ketinggalan pula, peraih Kategori Dosen Special Award in Education adalah Drs. Warsoma Djohan, M.Si (dosen Matematika).

Kategori Alumni Berprestasi dari Astronomi diraih oleh Drs. Riyanto Gozali, M. M. Disusul dengan Kategori Alumni Berprestasi dari Fisika diraih oleh Roby Muhamad, Ph. D. Peraih Kategori Alumni Berprestasi dari Kimia adalah Enang Noerman Fachjar, S. Si. Sedangkan, peraih Kategori Alumni Berprestasi dari Matematika adalah Zulfa Hendri, S. Si., M. M. Sementara itu, Kategori Tendik Berprestasi dari Kimia diraih oleh Aep Akh, Junaedi dan Kategori Tendik Berprestasi dari FMIPA diraih oleh Noviyanti A. Md.

Dies Natalis FMIPA ke-72 ditutup dengan foto bersama dan makan-makan. Iringan lagu-lagu keroncong dari Keroncong Asli Merah Putih beserta nyanyian beberapa dosen yang ikut menghibur hadirin pun turut menambah meriah acara hari itu. Dirgahayu FMIPA ITB yang ke-72, semoga di usianya sekarang dan mendatang dapat selalu memberikan karya terbaiknya untuk nusa dan bangsa.

Penulis : Ardhy Nur Ekasari
Editor: M. Rizkie Arbie

Berita Terkait

EnglishIndonesia
WP Twitter Auto Publish Powered By : XYZScripts.com