The 5th Biennial International Group Theory Conference (5BIGTC) ITB, 1-4 Juli 2019

Bagikan:

Bandung, FMIPA.itb.ac.id.  -Kelompok Keahlian Aljabar FMIPA ITB, bekerja sama dengan Indonesian Algebra Society dan Faculty of Mathematics, Ferdowsi University of Mashhad, menyelenggarakan The 5th Biennial International Group Theory Conference (5BIGTC) pada 1-4 Juli 2019 di Multipurpose Hall CRCS, Institut Teknologi Bandung, Indonesia. Konferensi ini bertujuan sebagai wadah bertukar ide antara sesama peneliti dan antara peneliti dan mahasiswa khususnya dalam bidang Teori Grup. Selain itu, para peneliti dapat mempresentasikan penelitian terakhir mereka sehingga memberikan dorongan kepada para mahasiswa untuk mengembangkan pengetahuan dalam bidang Teori Grup. Pada hari Senin tanggal 1 Juli 2019 konferensi ini dibuka oleh Wakil Rektor Bidang Sumber Daya dan Organisasi Prof. Dr. Irawati. Dalam pidatonya, Prof Irawati mengatakan matematikawan terutama di sini ahli Aljabar dan ahli Teori Grup harus terus membuka setiap kemungkinan aplikasi yang pada akhirnya mengarah pada kontribusi untuk kemajuan dan kesejahteraan masyarakat.

Gambar 1. Sambutan dan Pembukaan oleh WRSO ITB, Prof. Dr. Irawati. [Foto : 5BIGTC; Humas FMIPA]

Gambar 2. Sambutan oleh Dekan FMIPA ITB, Prof. Dr. Edy Tri Baskoro. [Foto : 5BIGTC; Humas FMIPA]

Konferensi ini merupakan konferensi dua tahunan. Konferensi BIGTC pertama diadakan pada tahun 2011 di Johor Bahru, Malaysia. Setiap dua tahun kemudian, berturut-turut, diadakan di Turki, Iran, Malaysia, dan tahun ini Kelompok Keahlian Aljabar FMIPA ITB mendapat kesempatan untuk mengadakan 5BIGTC di ITB, Indonesia.

Gambar 3. Foto bersama usai acara pembukaan. [Foto : 5BIGTC; Humas FMIPA]

Gambar 4. Para peserta antusias mendengarkan presentasi dari ivited speaker [1]. [Foto : 5BIGTC; Humas FMIPA]

Gambar 5. Para peserta antusias mendengarkan presentasi dari ivited speaker [2]. [Foto : 5BIGTC; Humas FMIPA]

Pembicara utama (keynote speaker) pada 5BIGTC adalah Prof. Mahmut Kuzucuoglu dari Middle East Technical University, Turki dan Prof. Mark Lewis, Ph.D dari Kent State University, USA. Pembicara undangan lainnya (invited speaker) adalah Prof. Murray Elder dari University of Technology Sydney Australia, Prof. Ali Iranmanesh dari Tarbiat Modares University Iran, Prof. Kai Meng Tan dari National University Singapore, Prof. Man Van Minh Nguyen dari Mahidol University Thailand, Prof. Alireza Abdollahi dari University of Isfahan Iran, Prof. Nor Haniza Sarmin dari Universiti Teknologi Malaysia, Prof. M.R.Darafsheh dari University of Tehran Iran, Prof. Manabu Oura dari Kanazawa University Japan, dan Dr. Fajar Yuliawan dari Institut Teknologi Bandung. Konferensi ini dihadiri 68 pembicara/peserta dari berbagai negara: Turki, Amerika Serikat, Australia, Iran, Singapura, Jepang, Thailand, Malaysia, India, Filipina, Aljazair, Afrika Selatan, dan Indonesia.

Gambar 6. Presentasi dari Contributed Speakers [1]. [Foto : 5BIGTC; Humas FMIPA]

Gambar 7. Presentasi dari Contributed Speakers [2]. [Foto : 5BIGTC; Humas FMIPA]

Gambar 8. Presentasi dari Invited Speaker. [Foto : 5BIGTC; Humas FMIPA]

Gambar 9. Sesi diskusi. [Foto : 5BIGTC; Humas FMIPA]

Gambar 10. Diskusi antara Dr. Intan Detiana (ITB) dan Dr. A. Manimaran (Department of Mathematics, VIT University, India. [Foto : 5BIGTC; Humas FMIPA]

Gambar 11. Sesi Foto bersama sehabis penutupan. [Foto : 5BIGTC; Humas FMIPA]

Dari konferensi ini diharapkan semakin mempererat koneksi penelitian yang sudah ada dan membangun koneksi penelitian baru khususnya di bidang Teori Grup untuk berkolaborasi di masa depan. Konferensi ini didukung oleh Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) dan International Mathematical Union (IMU)[Humas FMIPA]

Berita Terkait

EnglishIndonesia
WP Twitter Auto Publish Powered By : XYZScripts.com