Silaturahmi Idul Fitri 1440 H Keluarga Besar FMIPA ITB

Bagikan:

Bandung, FMIPA.ITB.AC.ID.   -Momen Hari Raya Idul Fitri 1440 H masih hangat terasa hingga saat ini. Begitu pun yang tengah dirasakan oleh kelurga besar Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA), Institut Teknologi Bandung (ITB). Pada tanggal 18 Juni 2019, Dekan FMIPA ITB, Prof. Dr. Edy Tri Baskoro, mengundang keluarga besar FMIPA untuk menghadiri acara Silaturahmi Idul Fitri 1440 H yang bertempat di Aula Barat, ITB. Acara ini dihadiri oleh seluruh elemen FMIPA ITB, seperti dosen, tendik, dosen purna bakti, tendik purna bakti, tamu undangan, dan lain-lain. Acara berlangsung mulai pukul 10.00 hingga 13.00 WIB.

Pada pukul 10.00 – 10.30 WIB para undangan melakukan registrasi kehadiran di pintu Aula Barat. Selanjutnya pada pukul 10.30 – 10.40 pembawa acara mulai membuka acara dengan menyambut seluruh undangan yang telah hadir. Tak lupa setelah itu pembawa acara juga menyampaikan pedoman keamanan, kesehatan, keselamatan kerja, dan lingkungan di ITB untuk mengantisipasi bila terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Acara dilanjutkan dengan pembacaan ayat suci Al-Qur’an Bella Dwi Fatayati dan sari tilawah oleh Lilis Sulastri dari Program Studi Kimia ITB. Proses berlangsung sangat khidmat dan lancar.

Gambar 1. Pembacaan Ayat Suci Al-Quran dan Saritilawah oleh Bella Dwi Fatayati dan Lilis Sulastri dari Program Studi Kimia ITB [Photo : Humas FMIPA]

Gambar 2. Penyampaian sejarah singkat ITB dan FMIPA oleh Prof. Bambang Hidayat [Photo : Humas FMIPA]

Kemudian acara dilanjutkan dengan sambutan dari Dekan FMIPA. Dalam sambutannya beliau mengucapkan rasa syukur atas perjalanan kita semua yang sudah mendapatkan kesempatan untuk bisa merasakan kembali hangatnya bulan suci Ramadhan. Selain itu beliau juga memaparkan berbagai prestasi yang terlah di dapat oleh keluarga besar FMIPA ITB baik dari dosen maupun mahasiswa. Untuk prestasi dosen, salah satu yang dipaparkan adalah prestasi Habibie Award Tahun 2018 dari Prof. Mikrajuddin. Untuk prestasi mahasiswa, beliau memaparkan bahwa dalam Olimpiade Nasional Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam – Perguruan Tinggi (ONMIPA-PT) di Malang pada tahun 2018, ITB berhasil menjadi juara umum. Rincian prestasinya adalah ITB mendapatkan 3 emas untuk bidang Kimia dan Fisika, 4 perak untuk bidang Kimia, Fisika, dan Matematika, 2 perunggu untuk bidang Matematika, dan 1 honorable mention untuk bidang Matematika.

Selain itu prestasi mahasiswa di tingkat internasional pada tahun 2018 yang pertama adalah ITB mendapatkan 3 third prize dan honorable mention untuk bidang Matematika dalam perlombaan IMC di Bulgaria. Kedua, Semi finalis (10 besar) di bidang Matematika dalam perlombaan Internasional Pemodelan Asuransi 2019 di Amerika Serikat . Ketiga, ITB mendapatkan 1 meritorious, 1 honorable mention, 3 successful participants di bidang Matematika untuk perlombaan MCM/ICM 2019 di Amerika Serikat. Sambutan dari Prof. Dr. Edy Tri Baskoro ditutup dengan memaparkan salah satu program kerja FMIPA ITB, yaitu Seri Kuliah Umum FMIPA  ITB yang telah dilakukan mulai tahun 2015 hingga 2019. Selanjutnya Prof. Dr. Bambang Hidayat menyampaikan paparan berupa sejarah singkat berdirinya ITB dan FMIPA.

Acara selanjutnya adalah perkenalan dosen dan tenaga pendidik (tendik) baru serta dosen dan tendik yang akan dan telah purnabakti di lingkungan FMIPA ITB oleh pembawa acara. Sebelumnya Prof. Dr. Edy Tri Baskoro juga memaparkan bahwa FMIPA ITB akan terus menambah jumlah dosen dikarenakan saat ini jumlah dosen FMIPA ITB masih berada di kisaran 200 dosen. Selanjutnya seluruh rangkaian acara ditutup dengan pembacaan do’a oleh Dr. Wahyu Hidayat, M. Si. dari Program Studi Fisika ITB. Kemudian pembawa acara mengakhiri acara silaturahmi ini dan mempersilakan para undangan untuk menikmati hidangan makan siang yang telah disediakan.

Gambar 3. Dekan FMIPA ITB sedang berbincang dengan beberapa staf dosen [Photo : Humas FMIPA]

Gambar 4. Ibu-ibu undangan purna bakti staf dosen FMIPA [Photo : Humas FMIPA]

Gambar 5. Purna bakti staf dosen yang hadir pada acara silaturahmi Idul Fitri 1440 H [Photo : Humas FMIPA]

Gambar 6. Prof. Maman A. Djauhari dan Prof. FP. Zen [Photo : Humas FMIPA]

Gambar 7. Undangan yang hadir pada acara Silaturahmi Idul Fitri 1440 H FMIPA ITB [Photo : Humas FMIPA]

Gambar 8. Prof. Triyanta, Prof. Doddy Sutarno, dan Prof. Toto WInata, Guru Besar dari Prodi Fisika [Photo : Humas FMIPA]

Selama acara berlangsung para undangan sangat antusias menyimak setiap rangakaian acara yang berlangsung. Beberapa di antaranya juga membawa sanak keluarganya untuk turut merasakan hangatnya silaturahmi Idul Fitri ini. Mudah-mudahan acara seperti ini akan terus berlangsung untuk tahun-tahun yang akan datang. Selain silaturahmi terjalin, hal ini dapat membuat keluarga besar FMIPA ITB dapat menjadi keluarga yang lebih kompak untuk ke depannya. [Muthia]

Berita Terkait

EnglishIndonesia