Chemistry Summer School 2019: Membumikan Kimia ITB

Bagikan:

Bandung, FMIPA.itb.ac.id. Program Studi Kimia Institut Teknologi Bandung untuk pertama kalinya menyelenggarkan Summer School 2019 pada rentang tanggal 21 Juli hingga 2 Agustus 2019. Acara yang diikuti oleh 17 orang peserta dari berbagai perguruan tinggi dalam maupun luar negeri ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan kapabilitas peserta dalam bidang kimia. Adapun secara umum Chemistry Summer School 2019 ini terdiri dari mata acara kuliah umum yang disampaikan oleh para dosen Kimia ITB, laboratory works, building tour ke PPNN, tour ITB, tour Bandung, grup discussion, dan mata acara lainnya yang tidak kalah seru.

Dekan FMIPA (Fakultas Matematika dan Pengetahuan Alam), para dosen dan civitas akademik Kimia ITB turut hadir dalam menghadiri pembukaan acara ini yang digelar pada tanggal 21 Juli 2019 pukul 08.30 WIB. Acara pembukaan ini dipandu oleh salah satu dosen muda Kimia ITB, Robby Roswanda, Ph.D yang mula-mula menjelaskan “safety induction” sebagai bagian dari prosedur resmi dalam pelaksanaan kegiatan-kegiatan di lingkungan ITB. Acara ini berlanjut pada mata acara sambutan-sambutan yang disampaikan oleh Ketua Chemistry Summer School 2019 (Dr. Muhammad Iqbal, M.Si.) dan Dekan FMIPA ITB (Prof. Edy Tri Baskoro M.Sc., Ph.D). Dekan FMIPA memberikan sambutan sekaligus membuka acara Chemistry Summer School 2019 secara resmi, beriringan dengan seremonial penyematan jas laboratorium secara simbolis kepada dua orang perwakilan peserta. Dalam sambutannya, Dekan FMIPA menyampaikan ungkapan selamat datang kepada para peserta Chemistry Summer School 2019, selain itu beliau juga mengungkapkan harapannya agar para peserta Chemistry Summer School 2019 dapat menikmati acara ini serta acara ini dapat menjadi acara yang berkesan bagi para peserta.

Sambutan dari Dekan FMIPA ITB, Prof. Edy Tri Baskoro (Foto: Humas FMIPA)

Penyerahan totebag secara simbolis dari Ketua Panitia Chemistry Summer School 2019 kepada Dekan FMIPA ITB (Foto: Humas FMIPA)

Setelah dibukanya acara secara resmi oleh Dekan FMIPA, maka rangkaian pembukaan acara Chemistry Summer School 2019 telah selesai dan acara berlanjut dengan mata acara inti. Acara inti diawali dengan pengenalan program studi kimia ITB oleh Prof. Dr. Zeily Nurachman selaku Ketua Program Studi jenjang sarjana Kimia ITB. Adapun secara umum hal-hal yang diperkenalkan meliputi tenaga pengajar/dosen, staf, mahasiswa, research group (5 kelompok keilmuan), program learning objective, program learning outcome, B.Sc Chemistry, fasilitas, serta data dan fakta yang meliputi jumlah lulusan, alumni, dan working affiliation.

Pengenalan Prodi Kimia ITB oleh Kaprodi Sarjana Kimia ITB, Prof. Dr. Zeily Nurachman
(Foto: Humas FMIPA)

Di hari pertama acara ini, dilaksanakan pula mata acara kuliah umum yang disampaikan oleh Dr. Veinardi Suendo yang menyampaikan materi dengan judul “Chemistry : Dyes and Arts” dan Dr. Dikhi Firmansyah yang secara khusus menyampaikan materi tentang dyes (zat warna). Selain kedua dosen Kimia ITB tersebut, ada pula beberapa dosen lainnya yang juga akan menyampaikan materi dalam kuliah umum tersebut, yaitu Prof. Dr Yana Maolana Syah, M.Si., Dr. Muhammad Iqbal, Dr. Elvira Hermawati, Anita Alni, Ph.D., dan Dr. Grandprix T. M. Kadja. Dosen-dosen yang kemampuan dalam bidangnya masing-masing sudah tidak diragukan lagi.

Sampai artikel ini ditulis, acara masih berlangsung dengan penuh inspirasi. Semoga Chemistry Summer School 2019 ini menjadi langkah awal bagi Program Studi Kimia ITB untuk lebih menyebarkan keilmuan Kimia ke luar ITB, sehingga semakin banyak yang mencintai dan turut serta dalam mengembangkan keilmuan kimia kedepannya. Jaya terus Kimia ITB! (oleh: Prisma Silviya Auliawati, Editor: MI)

Foto bersama para peserta bersama Dekan FMIPA dan para dosen Kimia ITB (Foto: Humas FMIPA)

Berita Terkait

EnglishIndonesia