PRESS RELEASE Prestasi Mahasiswa FMIPA ITB pada KNMIPA 2020 bidang Kimia tingkat Nasional

Bagikan:

Bandung, FMIPA.itb.ac.id.   -Tiga mahasiswa FMIPA ITB menorehkan prestasi yang luar biasa pada ajang Kompetisi Nasional Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (KNMIPA) 2020 bidang Kimia tingkat Nasional. Ridwan Rizki Surgawan (mahasiswa Prodi Kimia angkatan 2017) dan Bakuh Danang Setyo Budi (mahasiswa Prodi Astronomi angkatan 2019) masing-masingnya memenangkan medali emas dan Stefanus (mahasiswa Prodi Kimia angkatan 2018) meraih medali perunggu. Ketiga mahasiswa ini telah melalui proses seleksi yang sangat ketat dalam KNMIPA 2020, dimulai dari seleksi tingkat ITB pada 6 Juli 2020, kemudian kompetisi tingkat wilayah pada 23 Juli 2020, dan diakhiri dengan kompetisi nasional yang diikuti oleh 50 peserta pada 7 – 10 September 2020.

Disebabkan pandemi COVID-19, KNMIPA 2020 tingkat Nasional dilaksanakan sepenuhnya secara daring, yaitu menggunakan platform Moodle dan video conference Zoom. Selama 2 x 8 jam, para peserta menghadapi berbagai soal dari empat bidang kimia yaitu Kimia Analitik, Kimia Organik, Kimia Anorganik, dan Kimia Fisik. Sebagai bekal berkompetisi di ajang nasional, Ridwan, Danang, dan Stefanus mendapatkan pembinaan dan pembimbingan dari Bapak/Ibu Dosen Program Studi Kimia, yaitu Dr. Handajaya Rusli, Dr. Elvira Hermawati, Dr. Bambang Prijamboedi, Dr. Grandprix T. M. Kadja, Dr. Dikhi Firmansyah, Dr. Untung Triadhi, Dr. Fainan Failamani, dan Dr. Aep Patah. Pembinaan tersebut dilakukan secara daring sejak Juli 2020 menggunakan berbagai video conference platforms.

Perolehan dua medali emas dan satu medali perunggu di bidang Kimia pada ajang KNMIPA 2020 ini membuktikan bahwa kondisi pandemi tidak menghalangi semangat berprestasi mahasiswa FMIPA ITB. Meskipun keseluruhan rangkaian kegiatan dilaksanakan secara daring, dimulai dari tahap pembimbingan hingga tahap kompetisi babak final, para mahasiswa mampu menjaga motivasi belajar mereka dan memberikan upaya yang terbaik dalam mengikuti kompetisi ini. Selamat kepada para pemenang dan Bapak/Ibu Dosen pembina atas prestasi yang membanggakan!

Ditulis oleh Rindia Maharani Putri (Humas Prodi Kimia ITB)

Berita Terkait

EnglishIndonesia
WP Twitter Auto Publish Powered By : XYZScripts.com