Enter your keyword

Mathmatics Distinguished Lecture Series: Permutation matrices, alternating Sign Matrices, and Generalizations

Mathmatics Distinguished Lecture Series: Permutation matrices, alternating Sign Matrices, and Generalizations

Bagikan:

Bandung, FMIPA.itb.ac.id, -Profesor Richard A. Brualdi, salah satu tokoh dunia dalam Kombinatorika (Combinatorics) dan Teori Matriks (Matrix Theory), pada hari jumat lalu 17 Desember 2021 pukul 08.00 hingga 09.30 WIB memberikan kuliah tamu dalam acara serial “Mathematics Distinguished Lecture Series (MDLS)” di Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA), Institut Teknologi Bandung. Judul kuliah yang diberikan adalah matriks permutasi, matriks tanda-berganti dan perumumannya (permutation matrices, alternating sign matrices, and generalizations). Dalam kuliah ini (yang berlangsung daring/online), Prof. Brualdi menjelaskan dengan sangat komprehensif tentang teori-teori fundamental dalam matriks permutasi, matriks tanda-berganti yang merupakan perumuman dari matriks permutasi, serta generalisasinya. Beberapa aplikasi juga diberikan dengan secara menarik.

Prof. Edy Tri Baskoro, Ketua Panitia Mathematics Distinguished Lecture Series 2021, mengatakan bahwa karya Prof. Richard A. Brualdi dalam Kombinatorika dan Teori matriks sangat dikagumi dunia. “Beliau telah memberikan kontribusi sangat signifikan pada perkembangan kombinatorika dan teori matriks, dan tidak kurang dari 250 publikasi dalam jurnal ilmiah telah ditulisnya disamping segudang buku. Diantaranya, Prof Brualdi berhasil melakukan enumerasi involusi berdasarkan descents dan matriks simetri; mengenalkan studi tentang matriks tanda-terpusat ketat (strict sign-central matrices); memperkenalkan urutan Bruhat stokastik yang merupakan perumuman dari urutan parsial Bruhat dalam matriks permutasi; dan melakukan studi urutan Bruhat dari matriks tanda-berganti”, begitu tutur Ketua Panitia MDLS. “Ketokohannya juga terasakan pada buku-buku karyanya yang telah banyak dijadikan buku teks pada berbagai perkuliahan tentang teori matriks dan kombinatorika di berbagai perguruan tinggi”, demikian tambahnya.

Kegiatan Mathematics Distinguished Lecture Series ini diselenggarakan oleh Program Studi Matematika FMIPA ITB sejak bulan September lalu. Selama satu tahun ini (2021), terselenggara empat kali edisi dengan pembicara para tokoh dunia dalam berbagai bidang di matematika. Edisi pertama diselenggarakan pada tanggal 17 September 2021 dengan pembicara Prof. Motoko Kotani (Tohoku University, Jepang), Edisi kedua tanggal 29 Oktober pembicara Prof. Christophe Ritzenthaler (Universite de Rennnes 1, Perancis), edisi ketiga tanggal 18 November dengan pembicara Prof. Hans Munthe-Kaas (University of Bergen, Norwegia).
Edisi yang keempat ini dengan pembicara Prof. Brualdi dibuka oleh Dekan FMIPA ITB Prof. Wahyu Srigutomo dan dihadiri oleh sekitar 100 peserta (dosen, peneliti, mahasiswa S1, S2 dan S3) dari berbagai universitas di Indonesia dan luar negeri. Beberapa peserta luar negeri diantaranya berasal dari Filipina, Thailand, Malaysia, Australia dan bahkan ada beberapa dari Amerika Serikat.

Berita terkait lainnya ada pada tautan :http://www.math.itb.ac.id/mdls/

X