Penyegaran dan Peningkatan Motivasi Diri Menuju Sukses : Beat Your Bad Habits, Build Your Good Habits

BANDUNG, fmipa.itb.ac.id – Dalam rangka untuk memotivasi mahasiswa-mahasiswa penerima beasiswa BIDIK MISI di pertengahan semester genap ini, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) mengadakan acara Penyegaran dan Peningkatan Motivasi Diri Menuju Sukses di ruang 1201 Gedung Fisika Institut Teknologi Bandung (ITB) pada Sabtu (23/03/13). Acara ini berupa seminar yang dibawakan oleh Prof. Dr. Ichsan Setya Putra, dosen Prodi Aeronotika dan Astronotika sekaligus Ketua Satuan Penjaminan Mutu (SPM) ITB berjudul “Beat Your Bad Habits, Build Your Good Habits”.

Di awal seminar, beliau memotivasi para mahasiswa untuk menuju sukses. Dalam penjelasannya,  kita terdorong untuk belajar keras karena kita ingin memenuhi keinginan orang tua untuk menyelesaikan studi di perguruan tinggi dan juga mempersiapkan karir di masa depan. Oleh karena itu kita harus mempersiapkan diri kita untuk menghadapi kerasnya masa depan. Berbagai trik-trik menarik untuk mempersiapkan diri untuk masa depan juga Ihsan sampaikan di awal seminar ini.

Prof. Ichsan Setya Putra mengatakan betapa berharganya potensi dan kesempatan yang telah kita miliki. Namun, mempunyai kedua hal itu saja tidak cukup untuk meraih kesuksesan. Kita juga harus bekerja keras dan mengubah kebiasaan kita agar kita dapat meraih kesuksesan. “Kesempatan datang bersama tantangan berat. Tidak ada sukses yang tanpa kerja keras,” ujarnya pada acara yang dihadiri oleh sejumlah mahasiswa FMIPA.

Setelah menjelaskan tentang potensi, kesempatan, dan kerja keras untuk meraih kesuksesan, beliau menyampaikan kebiasaan-kebiasaan baik apa yang harus diterapkan. Berbagai tips menarik untuk membangun kebiasaan yang baik, seperti bagaimana mencatat bahan kuliah yang efektif, bagaimana mempelajari bahan kuliah, bagaimana mengatur jadwal kegiatan, dan berbagai kebiasaan baik lainnya dipaparkan olehnya.

Selain itu pembicara juga menyebutkan kebiasaan-kebiasaan buruk apa yang harus dihindari, seperti membiarkan diri kita tidak mempunyai motivasi, menunda pekerjaan, tidak fokus dalan suatu pekerjaan, dan lain sebagainya. Solusi untuk menghindari kebiasaan-kebiasaan buruk tersebut adalah kita harus bisa melawan kebiasaan-kebiasaan itu.

“Mintalah restu orang tua karena doa mereka merupakan doa paling kuat, sehingga kalian dapat diberikan kelancaran dalam menjalani perkuliahan di kampus ini,” kata pembicara seraya menutup seminar itu.

Berita Terkait

EnglishIndonesia