Press Release ICMNS ITB, 2-3 November 2018

Bandung, MIPA.itb.ac.id.   -Pada tanggal 2-3 November, di ITB Kampus Ganesha, telah diselenggarakan konferensi berskala internasional ICMNS (International Conference on Mathematics and Natural Sciences). Konferensi ini diselenggarakan oleh Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam ITB, bekerjasama dengan Sekolah Farmasi ITB dan Fakultas Ilmu dan Teknologi Hayati ITB. Acara tersebut dibuka secara resmi oleh Wakil Rektor ITB, Prof. Dr. Irawati.

Konferensi ini merupakan kegiatan dua tahunan, yang diadakan sejak tahun 2006. Tahun ini merupakan penyelenggaraan konferensi ICMNS ketujuh.  Kegiatan reguler ini merupakan salah satu bentuk komitmen dari FMIPA untuk meningkatkan kualitas penelitian dan pendidikan. Penyelenggaraan kegiatan konferensi seperti ini diperlukan untuk mengetahui perkembangan ilmu dan teknologi di masing-masing bidang. Selain itu, pertemuan ilmiah semacam ini dapat digunakan untuk membangun atau memperkuat kolaborasi ilmiah, menukar pendapat dan ide baik dalam bidang pendidikan maupun penelitian, serta mempromosikan matematika dan sains kepada masyarakat umum.

Konferensi ICMNS 2018 yang mengangkat tema “Integrated Science and Mathematics for better future”ini, menghadirkan pembicara undangan yang merupakan para ahli dari Norwegia, Spanyol, Inggris, Australia, Selandia Baru, Jepang, Belanda, Singapura, juga pembicara tamu dari berbagai universitas di Indonesia, termasuk ITB, UI, IPB, UGM, dan Sanata Dharma. Adapun pembicara dari bidang Astronomi adalah para praktisi astronomi pada beberapa observatorium di Indonesia.

Walaupun setiap tahunnya, FMIPA menyelenggarakan setidaknya 6 konferensi atau workshop matematika, fisika, kimia, atau astronomi berskala internasional, ICMNS 2018 ini dihadiri sekitar 300 peserta. Mereka berasal dari berbagai daerah di Indonesia dan juga dari luar negeri, termasuk dari Jepang dan Filipina. Sebagian besar dari mereka melakukan penelitian di berbagai bidang sains. Mereka merupakan para peneliti di bidang kimia, fisika, matematika, sains material, sains komputasi, kedokteran dan farmasi sains, life sciences, environmental sciences, sains energi terbarukan, dan earth and space sciences. [Suhadi]

Berita Terkait

EnglishIndonesia