Kunjungan Dosen dan Mahasiswa Universiti Sains Malaysia (USM)

Bagikan:

Bandung, FMIPA.itb.ac.id – Pada tanggal 23 – 29 Januari 2020, Matematika ITB menerima kunjungan Dekan School of Mathematical Sciences USM, Prof. Dr. Hailiza Kamarulhaili dan rombongan dalam rangka USM – ITB Scientific Research Collaboration. Rombongan USM terdiri dari 9 (sembilan) staf pengajar, satu mahasiswa Pasca Sarjana dan 18 (delapan belas) mahasiswa Sarjana. Kegiatan yang diadakan adalah Joint Seminar USM – ITB, Cultural Night, Calcophilic (Permainan untuk pembelajaran Matematika) untuk siswa-siswa SMA, dan kegiatan antar mahasiswa USM – ITB. Pada hari pertama kegiatan, yaitu Joint Seminar USM – ITB, kedatangan ini disambut oleh Dekan FMIPA, Prof. Dr. Edy Tri Baskoro, Wakil Dekan Bidang Akademik, Prof. Dr. Abdul Waris, Kaprodi Sarjana Matematika Dr. Hilda Assiyatun, Kaprodi Sarjana Aktuaria Dr. Khreshna I.A. Syuhada, Kaprodi S2 dan S3 Matematika, Dr. Muchtadi Intan Detiena, Kaprodi S2 Aktuaria dan Pengajaran, Dr. Sapto W. Indratno, Ketua Panitia Novriana Sumarti, Ph.D., serta panitia dan staf pengajar dari Matematika – FMIPA.

Pada hari Kamis 23 Januari 2020 bertempat di Ruang Serba Guna gedung CAS, sebanyak 20 (dua puluh) presentasi dari USM dan ITB dilakukan dalam Joint Seminar, dimana presentasi tuan rumah berasal dari 5 (lima) Kelompok Keahlian yang ada di Matematika FMIPA-ITB. Setelah seminar berakhir, acara dilanjutkan dengan diskusi mengenai Mobility & Student/Staff Exchange, Mathematics Program, Credit Transfer, Mobility of students and staff , Exchange Program, Research Grant, Joint Supervision, dan Dual / Joint Program. Malam harinya acara Cultural Night diadakan disi oleh Tarian Jawa dan Group Band Himatika-ITB, serta Endang Dance dan Dikir Barat oleh mahasiswa USM. Sebanyak 49 (empat puluh sembilan) siswa dari 3 (tiga) SMA di Bandung mengikuti kegiatan Calcophilic pada tanggal 24 Januari 2020. Selanjutnya, kegiatan antar mahasiswa USM – ITB dilakukan, diantaranya presentasi ilmiah mahassiswa, mahasiswa USM mengikuti kuliah di Matematika ITB, olahraga bersama, dan kunjungan ke tempat wisata.

Dengan diadakannya kegiatan ini, kolaborasi antara Matematika USM dan ITB diharapkan dapat terwujud untuk meningkatkan kualitas pengajaran dan penelitian pada masing-masing perguruan tinggi.

(Novriana Sumarti)

Berita Terkait

EnglishIndonesia
WP Twitter Auto Publish Powered By : XYZScripts.com