Tidak bayar uang kuliah di ITB, tetapi bisa Lulus S2 Kimia, Cum Laude lagi, apa rahasia sukses Novita ?

Bagikan:

Novita ketika wisuda S2 di Sabuga. [Foto : Koleksi pribadi]

Bandung, FMIPA.itb.ac.id  -Novita Sari Sinambela, 23 tahun, penyuka warna hitam ini merupakan wisudawati dari Program Magister Kimia. Dia mempunyai sifat optimis dalam hidupnya. Selalu ada harapan positif dalam menghadapi segala hal atau persoalan dan tidak ada yang tidak mungkin selagi mau berusaha. Mungkin terbilang nekad,  tanpa ada biaya kuliah  dan biaya hidup sepeser pun dari kedua orang tuanya yang telah meninggal dunia, dia bisa survive kuliah di ITB. Bagaimana bisa?

Ternyata biaya kuliah 3 semester di ITB,  didapatkannya dari beasiswa voucher ITB dan dana penelitian laboratorium. Sementara untuk biaya hidup sehari-hari didapatkan dari honor sebagai asisten peneliti.  Impian Novita menjadi seorang peneliti dimulai dari hobinya membaca jurnal-jurnal ilmiah yang mengupas dan memecahkan masalah. Dari sana, dimulailah hasrat ingin ikut “ambil bagian” dari setiap jurnal yang telah dibaca. Novita seperti menemukan passion hidup.

Aktivitas Novita selama kuliah banyak dihabiskan di Laboratorium. Dia berhasil menyelesaikan tesis tentang katalis homogen berbasis kompleks organologam untuk transformasi biorenewable resource, lebih tepatnya mengenai “Reaksi epoksidasi minyak nabati  menggunakan katalis berbasis kompleks organologam”.

Atas dasar keyakinan dan hanya percaya saja, bahwa kalau sungguh-sungguh berusaha pasti selalu ada jalan. Si pemilik motto “Brainy is New Sexy” ini berhasil memahami passion, value, dan hakikat dari sebuah penelitian dengan belajar dari pembimbingnya Dr. Eng Yessi Permana.  Tidak melulu menjadi asisten peneliti di Laboratorium, dalam bidang akademik, Novita pun menyelesaikan Program Magister Kimia  dengan  menyabet  predikat  Cum Laude di Wisuda April 2019.

Curios about somethings nampaknya menghantarkan Novita mencapai  impian  hingga berhasil  lulus dari ITB secara mandiri. Rencana besar Novita saat ini adalah berkeinginan melanjutkan studi program doktor.  Semoga passionmu dapat mencapai impian besarmu selanjutnya, sejatinya menjadi peneliti handal, dan meraih Nobel Laurete.

Novita, hidupmu menginspirasi bahwa jika optimis terhadap sesuatu, maka kita akan bisa melakukannya dan mendapatkan keberhasilan. [Penulis : Ani Hamidah, Editor : RR Kurnia Sari]

Berita Terkait

EnglishIndonesia