Seri Kuliah Umum FMIPA-ITB: Cahaya dan Kehidupan

Bandung, fmipa.itb.ac.id  -FMIPA-ITB kembali menggelar Seri Kuliah Umum FMIPA-ITB pada tanggal 27 Februari 2016. Tema yang dipilih adalah “Cahaya dan Kehidupan”, sehubungan dengan Gerhana Matahari Total (GMT) yang akan melintasi wilayah Indonesia 9 Maret 2016 mendatang. Seri kuliah umum yang kedua ini menampilkan tiga pembicara yaitu Dr. Alexander A. P. Iskandar (KK Fisika Magnetik dan Fotonik) dengan judul kuliah “Menaklukkan Cahaya pada Ukuran Sehelai Rambut Dibelah Seribu”, Dr. rer. nat. Hesti Retno Tri Wulandari (KK Astronomi) dengan judul “Gerhana Matahari: Dari Mitologi hingga General Relativity”, dan Prof. Zeily Nurachman, D. Sc. (KK Biokimia) dengan judul “Memanen Cahaya, Menghasilkan Minyak”.

Dr. Alexander A. P. Iskandar memberikan wawasan mengenai perkembangan ilmu pengetahuan tentang optika dan aplikasinya di masa kini seperti sensor, LED dan penyimpanan data. Dr. rer. nat. Hesti Retno Tri Wulandari memaparkan fenomena GMT yang semula dipandang sebagai sebuah mitologi yang kemudian dijelaskan dengan ilmu astronomi. Beliau juga memberikan informasi mengenai hal apa saja yang dapat dipelajari ketika GMT berlangsung. Prof. Zeily Nurachman, D. Sc. Membagikan pengetahuan mengenai pemanfaatan mikroalga sebagai bahan bakar alternatif yang dapat dikembangkan di Indonesia sebagai negara dengan kawasan laut yang luas.

Pada acara ini juga dibagikan doorprize berupa kacamata matahari bagi pendengar yang dapat menjawab pertanyaan dari pembicara. Seri Kuliah Umum FMIPA-ITB berikutnya akan diselenggarakan pada bulan Mei mendatang. (mia)

Seri Kuliah Umum AlexKuliah Umum HestiKuliah Umum3Kuliah umum grup

Berita Terkait

EnglishIndonesia