Menggali Esensi, Merangkai Informasi

Seri Kuliah Umum ke-lima dilaksanakan pada hari Sabtu, 26 November 2016 bertempat di Auditorium Campus Center Timur ITB, dengan tema Menggali Esensi, Merangkai Informasi. Pembicara yang memberikan presentasi pada acara Seri Kuliah Umum ke-lima yaitu :

  1. Dr. Udjianna S. Pasaribu, “Gali Olah Big Data”
  2. Ahmad Mukhlis, Ph.D., “Bongkar Pasang Matriks dan Alikasinya”
  3. Dr. Eng. Ferry Iskandar, M.Eng., “Karbon sebagai Material Maju dan Aplikasinya”


“Gali Olah Big Data”

Udjianna S. Pasaribu

Kelompok Keilmuan Statistik
Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Institut Teknologi Bandung
e-mail : udjianna@math.itb.ac.id

Kuliah umum ini akan menjelaskan 3 metode analisis multivariat, yaitu analisis korespondensi, komponen utama, dan pengelompokkan (klaster). Dua analisis pertama bertujuan mereduksi banyaknya komponen (variabel acak) yang ada pada data awal (matriks observasi). Dua metode tersebut memanfaatkan analisis dekomposisi nilai singular untuk pereduksian variabel. Sebaliknya, analisis klaster mereduksi banyaknya objek (individu) menjadi beberapa kelompok menggunakan prinsip kedekatan,misalkan melalui jarak Euclidian atau Mahalanobis. Sebagai studi kasus untuk masing-masing analisis, yaitu data belanja online, kerentanan sosial (dari Badan Pusat Statistik), dan  data kecelakaan di Eropa.

Bongkar Pasang Matriks dan Aplikasinya

Ahmad Muchlis 

Kelompok Keilmuan Aljabar
Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Institut Teknologi Bandung
e-mail : muchlis@math.itb.ac.id

Kehidupan saat ini ditandai dengan intensitas informasi yang tinggi. Internet merupakan sumber informasi yang sangat padat. Mesin pencari (search engine) adalah elemen penting dalam pusaran informasi ini. Menurut catatan, ada sekitar 47 milyar laman web dalam koleksi salah satu mesin pencari. Pencarian yang kita lakukan dapat berlangsung sangat cepat. Bagaimana itu bisa terjadi?
Pencarian di internet berlangsung cepat karena dilakukan pada suatu struktur data yang telah dipersiapkan, bukan langsung pada kumpulan dokumen. Dalam membangun struktur data tersebut, salah satu pendekatan yang lazim digunakan adalah model ruang vektor.
Dalam kuliah ini akan disajikan suatu mathematical tool, yaitu dekomposisi nilai singular, yang digunakan dalam model tersebut untuk mereduksi informasi. Selain memperkecil ukuran, reduksi ini juga mengurangi presisi yang justru membawa manfaat tambahan.
Selain pada mesin pencari, juga akan didiskusikan pemanfaatan lain dekomposisi nilai singular pada kompresi gambar dan analisis komponen utama.

“Karbon sebagai Material Maju dan Aplikasinya”

Ferry Iskandar 

Kelompok Keilmuan Fisika Material Elektronik
Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Institut Teknologi Bandung
e-mail : ferry@fi.itb.ac.id

Sebagai unsur yang melimpah di alam, karbon memiliki potensi yang sangat besar untuk dapat diaplikasikan dalam berbagai bidang sains dan teknologi, baik sebagai material kuat, elektronik, hingga material yang diaplikasikan pada bidang medis. Selain dalam bentuk senyawa organik, karbon pun dapat dijumpai dalam bentuk alotrop kristalnya, sebagai contoh diamond, material karbon yang memiliki kekuatan mekanik yang kuat dan nilai jual yang sangat tinggi. Di sisi lain, kita juga menjumpai alotrop karbon dengan struktur rapuh, sebagai contohnya adalah arang. Beberapa dekade terakhir ini, telah banyak peneliti yang menemukan berbagai struktur karbon baru yang memiliki sifat fisik dan keteraturan atom yang sangat baik, seperti grafena, carbon nanotube, fullerene, hingga carbon dots. Struktur-struktur karbon tersebut mampu menghasilkan material karbon dengan sifat mekanika yang kuat, pembawa muatan yang sangat baik, konduktivitas listrik yang tinggi dan sifat unggul lainnya. Di samping berkembangnya ilmu zat padat (solid state) sehingga fenomena pada struktur karbon tersebut dapat dijelaskan, tentu kemajuan teknologi dalam memproduksi material tersebut ikut berkembang juga. Berbagai metode telah banyak dikembangkan untuk dapat menghasilkan grafena, carbon nanotube, dan material karbon dengan struktur lainnya, baik dengan menggunakan metode fisik maupun kimiawi. Pada kuliah ini, akan dipaparkan perkembangan terkait material karbon, perkembangan metode pembuatannya, serta proyeksi aplikasinya saat ini dan masa depan.

Kata kunci: karbon, grafena, carbon dots, kristal, material maju.