Mathematical Analysis and Geometry Day (MagD) IX 2016

  • MatGeo1

Bandung, fmipa.itb.ac.id.  -Kompetisi  Matematika Analisis dan Geometri MagD IX 2016 telah berlangsung pada hari Sabtu 23 April 2016 di Aula Barat Institut Teknologi Bandung. Kompetisi tahun ini diikuti oleh 162 peserta mahasiswa dalam 81 tim, yang berasal dari 29 perguruan tinggi di Jawa dan Sumatera.

Kompetisi ini berlangsung dalam dua tahap, yaitu babak penyisihan yang merupakan ujian tertulis diikuti oleh semua peserta secara individual. Kemudian, lima tim terbaik secara kumulatif, maju ke babak selanjutnya, di mana mereka menyelesaikan suatu masalah dan mempresentasikannya di hadapan juri dan audiens.

Keluar sebagai pemenang pertama adalah Tim dari ITB, M. Al Kahfi dan Bintang, diikuti oleh Tim ITB lain Stephanus Ardyanto dan Robby. Pemenang ketiga adalah Tim UI, Antonio Kevin dan Stefanus Ng. Sedangkan urutan keempat ditempati bersama oleh tim dari Universitas Sanata Dharma, Yogyakarta, dan dari Institut Pertanian Bogor. Sayembara menyelesaikan soal pra kompetisi dimenangkan oleh Makoto Daiwa dari Universitas Telkom. Secara keseluruhan, dari kompetisi ini, dibagikan 11 medali emas, 20 medali perak dan 29 medali perunggu.

MagD adalah kompetisi tahunan bidang analisis dan geometri, untuk mahasiswa S1,yang diselenggarakan oleh Kelompok Keahlian Analisis dan Geometri FMIPA ITB. Kompetisi ini telah berlangsung sejak tahun 2008, dan sejak penyelenggaraan pertama hingga sekarang, minat dan keikutsertaan mahasiswa dan perguruan tinggi terus meningkat.

Dalam MagD kali ini, apresiasi khusus diberikan kepada Drs. Koko Martono, MSi., yang menjadi salah satu motor pendorong kegiatan MagD sejak pertama kali berlangsung, sampai sekarang. Pak Koko akan memasuki masa pensiun tahun 2017 yang akan datang. (ys)

Berita Terkait

EnglishIndonesia