Lecture on Inorganic

Lecture on Inorganic yang diadakan pada hari Senin tanggal 16 Mei 2016 di ruang 2104 Program Studi Kimia, Institut Teknologi Bandung. Kegiatan ini dihadiri oleh 50 mahasiswa, yang terdiri dari mahasiswa S1, S2, dan S3 bidang Keilmuan Anorganik dan Kimia Fisik. Kegiatan ini diisi oleh Prof. Dr. Bohari M. Yamin dari Program Pengajian Kimia dan Teknologi, Fakulti Sains dan Teknologi, Unversiti Kebangsaan Malaysia. Beliau merupakan salah satu inisiator penyelengaraan Seminar Bersama Kimia ITB-UKM.

Topik yang disampaikan mengenai Chemical Crystallography, yang membahas teknik kristalisasi, teknik pengukuran difraksi sinar-X untuk kristal tunggal (X-ray Diffraction Single Crystal), pengolahan data, dan cara penulisan laporan kristalografi. Pengolahan data kristalografi menggunakan perangkat lunak Mercury dan Platon. Perangkat lunak Mercury digunakan untuk memberikan visualisasi struktur kristal yang diukur. Sedangkan Platon, selain memberikan visualisasi struktur kristal, dapat digunakan untuk perhitungan parameter kristal yang diukur. Data-data yang telah diolah dan akan digunakan dalam publikasi dikirimkan dalam bentuk file .cif.

Secara umum, seminar Lecture on Inorganic memberikan pengetahuan tambahan mengenai teknik-teknik kristalografi serta cara penyajian data yang sesuai untuk data-data kristalografi (Mia). Berita yang sama ada di chem.itb.ac.id

Berita Terkait