Kunjungan Profesor Bum-Hoon Lee, Presiden Asia Pacific Center for Theoretical Physics (APCTP)

Bandung, fmipa.itb.ac.id -Pada hari Selasa, 23 Februari 2016, grup fisika teoretik FMIPA ITB menerima kunjungan Profesor Bum-Hoon Lee, Presiden Asia Pacific Center for Theoretical Physics (APCTP) yang bermarkas di kota Pohang, Korea Selatan. Ini merupakan kunjungan pertama bagi perwakilan APCTP maupun Prof. Lee secara pribadi. Pada kunjungan ini, Prof. Lee memberikan presentasi mengenai pusat riset yang dipimpinnya. Selain dihadiri oleh anggota grup Fisika teoretik ITB (Prof. Bobby E. Gunara, Dr. Jusak S. Kosasih, Dr. Agus Suroso, Dr. Fiki Taufik Akbar, dan Wahyu Hidayat, M.Si), acara yang didukung oleh Himpunan Fisika Indonesia (HFI) ini juga dihadiri oleh Prof. Taufik Hidayat (Astronomi ITB), Dr. Bintoro A. Subagyo (Fisika Teoretik ITS), Dr. Eny Latifah (fisika teoretik Universitas Malang), serta sejumlah dosen dan mahasiswa Fisika ITB.

APCTP didirikan pada 1996 dengan tujuan memajukan kerjasama internasional dalam riset dan pendidikan pada bidang fisika teoretik di kawasan asia pasifik. Diawali dengan 10 anggota (yaitu 10 lembaga yang mewakili 10 negara), saat ini APCTP telah memiliki 15 anggota. APCTP menyelenggarakan berbagai kegiatan akademik seperti kursus (school), workshop, seminar, konferensi dan program-program khusus. Penelitian di APCTP dilakukan terutama oleh para peneliti pada program Junior Research Group (JRG, berisi peneliti yang setingkat dengan asisten profesor) dan Young Scientist Programs (YST, setara dengan post-doktoral). Kegiatan penelitian dalam progam JRG dan YST berfokus pada berbagai bidang fisika teoretik seperti teori string, kosmologi, supergravitasi, fisika partikel, komputasi kuantum dan biofisika (ya!, biofisika teoretik). Sedangkan program-program lain seperti konferensi, school, workshop mencakup semua bidang fisika secara umum, seperti fisika material, nuklir, neurosains, dan fotonik baik secara teoretik, eksperimental, maupun komputasional. APCTP juga membuka kesempatan bagi peneliti luar (dari peneliti pemula hingga ilmuwan kelas dunia) untuk berkunjung dan melakukan kerjasama penelitian. Semua informasi dan kegiatan APCTP dapat diketahui melalui laman www.apctp.org.

Selain memperkenalkan profil, organisasi, kegiatan, dan rencana masa depan APCTP, kunjungan profesor Lee juga bertujuan untuk membuka peluang kerjasama APCTP dengan Indonesia.

Profesor Lee juga berkesempatan untuk bertemu dengan ketua Program Studi Sarjana Fisika (Dr. Widayani) dan ketua Program Studi Pascasarjana Fisika (Dr. Enjang Jaenal Mustopa), serta berkeliling melihat beberapa fasilitas di lingkungan Fisika. (as)

Berita Terkait

EnglishIndonesia